Senin, 07 Maret 2016

Fungsi Motherboard Dan Bagiannya

Fungsi Motherboard dan Bagiannya

Didalam pegunan komputer kita mengerti akan pentingnya tugas dari seua komponen namun tahukah anda komponen yang paling berperan penting didalm komponen pc? nah disini aku akan memberitahu komponen yang paling penting di Pc yaitu Motherboard {Papan Ibu} dan aku akan menjelaskan wacana fungsi dan kegunana  dari motherboard pribadi saja kita menuju ke kefungsinya terlebih dahulu.

 Didalam pegunan komputer kita mengerti akan pentingnya tugas dari seua komponen namun tah Fungsi Motherboard dan Bagiannya

Fungsi Motherboarad
  • Fungsi dari Motherboar sendiri iyalah sebagai penghubung dari komponen-komponen yang ada di dalam cpu Motherboard atau papan ibu atau jugak papan induk Motherboard berperan penting  untuk semua komponen alasannya ialah tanpa motherboard komponen yang satu dan satunya tidak akan terhubung.
Di dalam motherboard ada berberapa selot penting untuk meletakan RAM {Random access memory} Prosesor dan yang lain nya.

Chipset
  • Adalah sebuah elektronik yang mengkoordinir transfer data antara komponen {termasuk jugak prosesor dan memori}. Yang paling penting iyalah pemilihan motherboard yaitu dari jenis chipsetnya. Karena chipset kuat untuk memaksilmalkan kinerja dari komputer {upgrade}. Chipset Pada umumnya, terdapat 2 chipset utama yang terdapat pada motherboard yaitu Southbridge dan Northbridge.
Batery CMOS
  • Batery ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika Motherboard belum mendapat daya dari power supply atau penyimpan waktu ketika komputer kita kita matikan.
Slot Processor.
  • Slot ini terdapat beberapa tipe colokan untuk menancapkan prosesor kalian. Model  paling jadul iyalah ZIF { Zero Insertion Force} dengan istilah Socket 7. Socket ini cocok untuk prosesor buatan Intel, AMD, dan Cyrix. Biasanya dipakai untuk prosesor model jadul  hingga dengan generasi 233 MHz. Socket 370. Socket ini sangat menyerupai dengan Socket 7 tetapi jumlah pinnya sesuai dengan namanya, 370 biji. Socket ini sangat cocok untuk prosesor buatan Intel. namun AMD menamai nya sendiri denagn julukan Socket A, di mana jumlah pinnya juga berbeda dengan socket 370. Istilah socket A dipakai untuk AMD menunjuk prosesor Athlon. Untuk kumpulan prosesor Intel Pentium II dan III, slot yang dipakai disebut dengan Slot 1.
Slot RAM
  • Motherboard mempunyai slot khusus untuk RAM {Random access memory}, menyerupai dengan prosessor. Dan setiap jenis motherboard berbeda–beda jenis SLOT RAM {Random access memory}. Untuk motherboard keluaran yang paling usang atau jadul memakai slot SDRAM, sedangkan untuk yang terbaru ketika ini memakai DDR3
Konektor Floppy dan IDE.
  • Konektor ini menghubungkan motherboard dengan alat penyimpan di computer menyerupai floppy disk dan harddisk. Konektor IDE dalam motherboard biasanya terdiri dari 2 Konektor IDE, yang pertama ialah primary IDE dan yang ke dua ialah secondary IDE. Konektor Primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary master drive dan devices secondary master. Sementara, konektor secondary IDE biasanya jugak disambungkan dengan devices untuk slave menyerupai CDROM dan harddisk slave.
Slot AGP 4X.
  • Slot port penyeibang gambar, slot ini sanggup mensupport grafik card mode 3.3V atau 1.5V AGP 4X untuk aplikasi-aplikasi Grafis 3D.
South bridge controller
  • Sekeliling kontroler VIA VT8235 yang mendukung aneka macam I/O fungsi termasuk 2-channel ATA/133 bus master IDE controller, asmpai 6 port USB 2.0, nterface LCP super I/O, interface AC’97 dan yang terakhir PCI 2.2.
Port Paralel dan Serial
  • Pada tipe AT, port serial dan paralel tidak akan menyatu dalam motherboard tetapi disambungkan melalui kabel. Jadi, di motherboard tersedia pin untuk menancapkan kabel. Fungsi port paralel bermacam-macam, dari menyambungkan komputer dengan printer, scanner, hingga menghubungkan komputer dengan periferal-periferal tertentu yang dirancang dengan koneksi port paralel. Port serial biasanya dipakai untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse. Ada juga piranti-piranti lainnya yang sanggup dicolokkan ke port serial. Dalam motherboard tipe ATX, port paralel dan serial sudah ditentukan dalam motherboard, sehingga kalian tidak perlu memasang kabel yangrumit.
Slot Ekspansi
  • Slot ini merupakan slot pemanis atau external pada komputer. Bila komputer ingin di upgrade atau ditambahkan fungsinya, tinggal menambahkan peralatan yang anda butuhkan di expansio. Misalkan ingin mempertajam tampilan dengan memasang VGA card. Slot Ekspansi terdiri dari aneka macam macam jenis antara lain PCI, PCIExpress, dan yang terakhir AGP.
RJ-45 Port
  • Port 25-pin ini menghubungkan konektor LAN dengan melalui  sentra network.
Video Graphics Adapter Port {VGA}
  • Port 15-pin ini ialah untuk VGA monitor atau VGA perangkat lain yang sudah di tentukan
I/O Port
  • I/O port merupakan abreviasi dari Input / output.berfungsi sebagai alat pemanis masukan dan Pengluaran menyerupai audio, henset, flsdisk, hardis, external dan yang lain nya.
Demikian klarifikasi wacana motherboard dan perangkat nya yang aku ketahui supaya bermanfaat untuk anda,

Artikel Terkait